Balai Penelitian Agroklimat Gelar Bimtek Pemanfaatan Informasi Agroklimat


Bandar Lampung, wartapalapa.com
Balai Penelitian Agroklimat menggelar Bimbingan Teknis dengan tema "Pemanfaatan Informasi Agroklimat Mendukung Adaptasi Perubahan Iklim Pertanian". Acara di gelar di Emersia Hotel Jln. Wolter Monginsidi no.70 Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung, Rabu pagi 11/3/2020.

Pembicara pada Bimbingan Teknis tersebut yaitu :
1.  Harmanto Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi
2. Wahyu Wibawa Kepala BPTP Lampung
3. DR Elza Surmaini peneliti Agroklimat
4. DR Elsa Rakhmi peneliti Agroklimat
5. DR Yayan Apriyana peneliti Agroklimat
6. DR Woro Estiningtyas peneliti Agroklimat


Peserta dalam acara Bimtek tersebut berjumlah 60 orang yang berasal dari 11 kabupaten yang berada di Provinsi Lampung.

Harmanto selaku Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi mengatakan "dengan bimtek ini kita mulai sistem informasi yang namanya sistem informasi perubahan iklim, ini berdasarkan informasi dari BMKG, berdasarkan itu kita bisa memprediksi daerah mana yang hujan dan tidak hujan untuk membuat rekomendasi kepada petani berani tidak dia tanam karena air yang di butuhkan semuanya".

Kami kaitannya dengan pupuk, benih harus siap, tapi yang terjadi permasalahannya perubahan iklim, dengan adanya perubahan iklim tersebut maka di perlukan sistem informasi update iklim, sistem update iklim ini kita sampaikan ke penyuluh untuk mengetahui kapan harus tanam dan tidak tanam, ujar Harmanto.

Apabila tidak ada hujan maka ada daerah daerah yang namanya sumber air, di daerah tersebut bisa di masukkan budidaya padi, jagung, kedelai atau jenis lainnya.

Dampak dari perubahan iklim ini yaitu mengacaukan masa tanam dan mengubah pola tanamnya, terjadinya serangan hama pada tanaman, tutup Harminto. ( MRL )




Posting Komentar

0 Komentar