Rakor Kepala Daerah, Gubernur Arinal Ajak Kepala Daerah Beri Imbauan Bijak ke Masyarakat Terkait Virus Corona


Bandar Lampung, wartapalapa.com
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengundang Bupati / Walikota se-Provinsi Lampung secara bersama-sama memberi imbauan secara resmi kepada masyarakat terkait virus corona. Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memimpin Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Rabu (11/3/2020).

Menurut Gubernur imbauan bijak, agar masyarakat memperoleh informasi yang tidak kontra produktif. "Insya allah Lampung terhindar dari virus corona, hal ini mengingat virus corona hidup pada suhu 26 derajat celcius, sedangkan di Lampung suhunya sekitar 30 derajat celcius. kontra produktif, "ujar Gubernur.


Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Bupati / Walikota harus melakukan koordinasi dengan pemerintah terkait untuk memberikan imbauan untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan, terutama yang paling penting adalah kesehatan keluarga. "Bupati / walikota harus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meminta kesehatan lingkungan, terutama kesehatan keluarga kita," jelasnya.

Selain itu, Gubernur Arinal berpesan agar bupati dapat meningkatkan pengawasan agar tidak terjadi penimbunan barang yang berdampak luas ke depan. "Kita harus bergerak, jangan sampai masyarakat memilih-olah kita tidak bekerja dan tidak peduli. Padahal kita sudah melakukan berbagai langkah," ujar Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan penyakit bisa saja datang setiap saat, dan tidak ada yang bisa merekayasa. "Oleh karena itu kita harus berhati-hati, kita harus melakukan edaran dan mengumumkan bijak kepada masyarakat. Kita harus memberikan semangat kepada masyarakat tentang bagaimana membuat korona kecil di Lampung, hal ini karena temperatur sangat menentukan," tambahnya.

Pada bagian lain rakor tersebut, Gubernur Arinal mengimbau Bupati / Walikota untuk meminta kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. "Tidak ada yang tidak terlibat dalam pengamanan dan pelaksanaan tugas yang telah ditentukan. Ke depan saya akan adakan pertemuan lebih lanjut dengan Forkopimda dan Bupati / Walikota yang melakukan Pilkada Serentak. Dapat diakses melalui kondusif," ujar Gubernur Arinal.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan bahwa sejak awal menyebarnya virus corona, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti melakukan penyaringan di pintu masuk ke Provinsi Lampung. Langkah perdebatan itu dilakukan di Bandara, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Teluk Semaka dan Pelabuhan Maringgai. 

“Untuk di Bandara kami menyediakan pemindai termal untuk mengakses warga yang datang dari luar negeri yang akan masuk ke Lampung. Untuk pendatang dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta akan diberikan kartu kuning, dan kompilasi tiba akan langsung dilakukan pendataan. Jika tidak melebihi 38 derajat maka orang ini akan terus dipantau selama 14 hari, ”jelas Reihana.

Reihana juga menjelaskan ada 3 rumah sakit di Lampung yang siap membahas virus korona yaitu Abdul Moeloek, RSUD Kalianda, dan RSUD Ahmad Yani Metro dengan memiliki ruang isolasi. "Di sisi lain KKP juga sudah siap dengan tabung hampa udara bagi yang terindikasi virus," ungkap Reihana.

Reihana mengatakan bahwa pihaknya tidak memerlukan kepanikan di tengah masyarakat. "Untuk itu, Kabupaten / kota harus membuat banner untuk masyarakat dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan virus corona," jelasnya. (MRL)

Posting Komentar

0 Komentar