Tim Gugus Tugas Kota Bandarlampung Laksanakan Patroli Keliling Guna Pengamanan Malam Takbiran


Bandarlampung, Wartapalapa.com
Antisipasi gerakan takbir keliling dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Kodim 0410/KBL bersama tim gabungan Polresta Bandarlampung, Ditlantas Polda Lampung, Brimob Polda Lampung, Pol PP, BPBD dan Dishub Bandarlampung menggelar patroli TNI-Polri, Sabtu (23/5/2020) malam.

Patroli gabungan TNI-Polri ini dibagi menjadi 3 tim yang bertugas menyusuri titik keramaian di Kota Bandarlampung pada malam takbiran. Seperti jalan protokol, Stadion Pahoman, Lapangan Korem 043/Gatam Saburai, PKOR Wayhalim, dan pusat perbelanjaan modern. 


Dandim 0410/KBL, Kolonel Inf Romas Herlandes yang ikut dalam patroli gabungan ini menjelaskan, patroli ini digunakan untuk mengantisipasi adanya gerakan massa atau takbiran keliling pada malam Idul Fitri. 

“Seperti yang kita ketahui, sesuai dengan pernyataan pemerintah dan MUI bahwa takbiran keliling dilarang karena saat ini Indonesia termasuk Kota Bandarlampung masih terkena wabah Covid-19. Ini tidak lain untuk memutus rantai penyebaran virus yang berpotensi menular melalui kerumunan orang dalam jumlah besar,” jelas Dandim. 


Romas mengungkapkan, selain jalan protokol, tim patroli gabungan juga memeriksa sejumlah mall yang tetap beroperasi di malam takbiran. Sejak dua hari sebelumnya, Kodim bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga sudah melakukan sosialisasi imbauan terkait takbiran keliling dan salat Idulfitri di rumah ketiap Masjid dan Mushola di Bandarlampung.

“Kita juga cek apakah mall sudah melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah disepakati, seperti pengunjung dan karyawan wajib memakai masker dan sarung tangan, pengecekan suhu tubuh di pintu masuk, dan penyediaan hand sanitizer atau sabun cuci tangan di berbagai sudut,” jelasnya. (Marli)

Posting Komentar

0 Komentar