Polres Tanggamus dan TNI Bantu Gali Kubur Pemakaman Pasien 05 Covid-19


Wartapalapa.com, Tanggamus

Personel gabungan Polres Tanggamus dan TNI Kodim 0424/TGM membantu penggalian kubur untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 dengan identitas pasien 05, Minggu (13/9/2020).

Penggalian bersama warga itu dipimpin Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom bersama perwira pengawas Polres Tanggamus Iptu M. Yusuf, SH selaku Kasubbag Humas di area pemakaman.

Menurut Iptu M. Yusuf, setelah mendapatkan informasi meninggalnya pasien 05, pihaknya telah melaksanakan koordinasi lintas intansi serta tokoh masyarakat di alamat pasien 05.

"Hasil koordinasi, diputuskan bahwa pasien 05 dimakamkan di pemakaman baru di salah satu pekon di Kecamatan Talang Padang," kata Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK.

Menurut Iptu M. Yusuf, jenazah tiba di lokasi pemakaman yang diangkut ambulance RS Mitra Husada sekitar pukul 12.30 Wib dan pemakaman dilaksanakan oleh pihak medis dengan protokol kesehatan.

"Personel Polres Tanggamus yang diterjunkan sebanyak 2 orang, 2 TNI dan 2 pihak kesehataan bersama warga melakukan penggalian. Untuk pemakaman sesuai protokol kesehatan oleh pihak medis selesai pada sekitar pukul 14.00 Wib," terangnya.

Ditempat sama, Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin menungkapkan, pihaknya juga melakukan penggalangan terhadap masyarakat agar dapat menerima pemakaman pasien 05 akibat Covid -19.

"Hasil koordinasi kepada Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas, Camat, Danramil dan pihak keluarga serta masyarakat. Tidak ada penolakan dari masyarakat," ungkapnya.

Kapolsek menambahkan, bahwa lokasi pemakaman adalah lokasi pemakaman baru sehingga masih belum ada kuburan lain di sekitar, memang masih ada tanaman warga yang menumpang di lokasi pemakaman.

Berdasarkan penjelasan juru bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr. Eka Priyanto bahwa bahwa pasien meninggal dunia di RS Mitra Husada Kabupaten Pringsewu,

"Pasien 05 Tanggamus, yang beralamatkan di Talang Padang meninggal dunia pada pukul 05.10 Wib karena mengalami penurunan kesehatan yang begitu cepat," jelas dr. Eka di lokasi pemakaman.

Sambungnya, pemulasaraan jenazah pasien 05 dilaksanakan oleh pihak RS Mitra Husada sesuai protap covid-19, kemudian dimasukan ke peti jenazah dan dibawa ke pemakaman.

Jubir menambahkan bahwa atas hasil swab dari tracing pasien 05 telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung, namun hasilnya belum keluar.

"Enam keluarga yang diswab di Puskesmas Talang Padang sudah dikirim ke Labkseda namun hingga hari ini hasilnya belum keluar," tegasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar