Pemuda Ngambur Pesisir Barat Bagikan Sembako untuk Lansia dan Masyarakat Prasejahtera



Wartapalapa.com, Pesisir Barat

Puluhan pemuda pemudi Kecamatan Ngambur Pesisir Barat menginisasi pengumpulan beras yang akan dibagikan kepada lansia dan masyarakat Prasejahtera. Pemuda yang biasanya lebih banyak menghabiskan waktu bermain dengan gawai dan Sekolah Daring tersebut sejak beberapa hari lalu berkeliling kerumah warga untuk mensosialisasikan program Secanting Beras. Dari hasil door to door tersebut terkumpul beras, sayur mayur, pakaian balita, susu, perlengkapan mandi dan buku Iqro. 

Relawan bersama tim Program ACT Lampung dari Bandar Lampung kemudian membagikan logistik tersebut kepada lansia dan masyarakat prasejahtera yang tengah kesulitan perekonomian akibat terdampak Pandemi Corona, Minggu (15/11/2020).

Koordinator Kegiatan Sarizon mengatakan bahwa setelah mengikuti Volunteer Academy yang diadakan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lampung, dirinya berinisiatif untuk mengajak puluhan pelajar untuk melakukan aksi nyata pengabdian kepada masyarakat. Rencana aksi sosial tersebut kemudian disebarkan melalui pesan berantai group WhatsApp, hasilnya puluhan pelajar ikut berkeliling mengumpulkan logistik untuk dibagikan kembali ke penerima manfaat.

Dari hasil pengumpulan logistik kemudian dibagikan kepada penerima manfaat di Desa Negeri Ratu dan Desa Bumi Ratu Kecamatan Ngambur. Untuk efektifitas waktu penyaluran, sebagian tim mendatangi setiap rumah penerima manfaat, sebagian yang lain membagikan kepada warga yang sudah berkumpul disalah satu rumah warga.

Lanjut Sarizon, aksi tersebut merupakan awalan untuk memupuk rasa empati dan peduli pelajar di Pesisir Barat. Untuk selanjutnya relawan akan tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Daerah Pesisir Barat setelah melalui rangkaian proses recruitment. 

"Tujuan kami supaya terus memupuk rasa empati dan peduli dan mendorong teman-teman untuk bergerak membantu sesama, dengan adanya dukungan dari ACT-MRI Lampung, gerak teman-teman menjadi lebih terarah dan masif. Insya Allah, kegiatan ini akan kami laporkan kepada stakeholder terkait termasuk sampai ke Pemda Kabupaten Pesisir Barat, harapanya semua pihak bisa mendukung aksi-aksi kemanusiaan ini," tutupnya. (Rls/Marli)

Posting Komentar

0 Komentar