Relawan MRI-ACT Lampung Ikuti Volunteer Academy 2020



Wartapalapa.com, Bandarlampung

Dalam rangka meningkatkan jiwa kerelawanan dan cara bertindak taktis dalam dunia sosial dan kemanusiaan, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - ACT Lampung menggelar Volunteer Academy 2020 yang diikuti perwakilan relawan dari 15 Kabupaten/Kota se-Lampung pada 7-9 November 2020 di Ladang Asri Lampung, Sukabumi, Bandarlampung.

Koordinator Wilayah MRI Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan hadirnya relawan disetiap Kabupaten/Kota akan memudahkan dalam koordinasi setiap ada permasalahan sosial dan kemanusiaan didaerah tersebut.

Dimana untuk menambah bekal kemampuan menangani permasalahan dilapangan, digelar Volunteer Academy 2020 dengan menghadirkan pemateri dari Yonif 9 Marinir, Derm MRI Pusat, BNN Provinsi Lampung,  PMI, Pramuka, Basarnas, Biro Kesra Provinsi Lampung dan Relawan Mega Diana Zam Zam.

Dimana beragam materi seperti Ilmu Bela Negara, Teknik Simpul Pramuka, Prinsip P3K, Praktek Penilaian Dini dan pemeriksaan fisik, praktek pemindahan korban, Pembinaan Kerohanian dan Kerukunan, pencegahan Narkoba dan lainya.

Lanjut Dian,  Untuk peserta berasal dari semua Kabupaten/Kota berkomitmen untuk semangat melaksanakan kegiatan hingga tuntas dan mengamalkan ilmunya untuk masyarakat.


Kegiatan ini merupakan representasi semangat pendiri MRI - ACT untuk membangun peradaban yang lebih baik.

Kegiatan juga didukung oleh UKM dan Corporate yang telah rutin menyalurkan sedekahnya melalui ACT Lampung seperti Pesona Digital Printing, Sambel Alu, IBI Darmajaya, Ladang Asri Lampung, Krida Wisata, Ayam Geprek Hohah, Nasi Kuning Sedop, Kitabisa.com, Nutrifood, Yummy Pie, Bilal Cake & Bakery, Nasi Gandul 21, Ghanias Cake, Masakan Rumah by Umi Keke dan Izzul Jaya.

"Selamat datang, selamat sudah berkenan menjadi bagian Masyarakat Relawan Indonesia, tidak ada kata pensiun untuk relawan. Ada satu pintu surga tanpa dihisab oleh Malaikat yaitu beribadah dan bersedekah dengan ikhlas," ucapnya.

Ketua Bidang Program MRI Pusat  Dedi Suhaedi mengatakan Volunteer Academy yang diselenggarakan MRI Lampung merupakan yang pertama dilaksakan Korwil MRI di Indonesia sepanjang tahun 2020. 

"Dari MRI Pusat mengucapkan selamat bergabung. Akan banyak manfaat untuk relawan, selain knowledge juga dapat pengalaman menjadi relawan. Ini merupakan keputusan yang tepat. Harapanya semua bisa mengikuti sampai tuntas," harapnya. 

Kapten Mar Edy Suminta dari Batalyon 9 Marinir memberikan materi dengan tema Bela Negara. 

Menurutnya pemuda harus  mempunyai aksi dibarengi cepat dan tanggap. Sehingga masyarakat tidak hanya banyak berfikir namun juga bertindak.

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Dimana bela negara merupakan sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaan NKRI dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Kemudian cinta NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

"Yang harus dibela kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa," tutupnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar