Kodam I/BB Rapid Test Covid-19 Seluruh Prajurit dan PNS di 4 Provinsi



Wartapalapa.com, Medan

Kodam I/Bukit Barisan melakukan Rapid Test Covid-19 kepada seluruh Prajurit dan PNS jajarannya yang berada di empat provinsi, meliputi Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri. 

"Pelaksanaan Rapid Test kepada seluruh personel dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai hari ini sampai Rabu, 6 Januari 2021,” ucap Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, Senin (04/01/2021). 

Pangdam menjelaskan, Rapid Test ini untuk mengantisipasi, mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di lingkungan Prajurit, PNS Kodam I/BB dan keluarganya pasca libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.  

Ditambahkan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, kegiatan Rapid Test ini juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19, sehingga para prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB bebas dan tidak terpapar Covid-19. 

Untuk wilayah Makodam I/BB dan Kota Medan sekitarnya, pelaksanaan Rapid Test dilakukan di dua lokasi. Yakni di Poliklinik Kodam I/BB (Polmakodam I/BB) dan Rumkit Putri Hijau Medan. 

"Sedangkan jajaran satuan wilayah (satwah), dilaksanakan di Denkesyah masing-masing, dengan mentargetkan seluruh satuan jajaran baik prajurit dan PNS dapat menjalani pemeriksaan kesehatan ini," terang Kapendam.

Kolonel Zeni menyampaikan, pelaksanaan Rapid Test di seluruh jajaran Kodam I/BB sesuai Surat Telegram Pangdam I/BB No. ST/837/2020 tentang Pedoman Menghadapi Penyebaran Covid-19 kepada Seluruh Satuan Jajaran Kodam I/BB.

Jadi dengan adanya langkah pemeriksaan lebih dini, Kolonel Zeni memastikan prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB diharapkan jauh dari pandemi Covid 19. 

"Jika Prajurit maupun PNS yang menjalani Rapid Test ini ada yang reaktif, maka akan dilanjutkan dengan tes swab, jika masih reaktif juga, maka akan diberi perawatan secara khusus," tandasnya. (AVID)

Posting Komentar

0 Komentar